Suatu ketika anda akan menghadapi sebuah tantangan besar dalam pekerjaan impian anda yang baru saja dimulai.
Kesan salah atau benar yang dirasakan pada awal-awal minggu dan bulan ditempat baru menjadi ketegangan yang harus dihadapi, namun hal itu adalah sebuah alasan pemacu untuk tetap bekerja lebih baik. Begitu juga dengan penulis, dimana selalu menjaga dengan baik pentingnya kinerja pada 100 hari pertama. Oleh sebab itu penulis akan memberi saran dan tips tentang permulaan sikap dan kesan di tempat kerja yang baru.
Tenangkan Diri Anda
Hal ini sangat penting untuk memulai pekerjaan baru dalam menyeimbangkan ruang pikiran dan bersiap untuk menghadapi sebuah tantangan. Daripada anda langsung terjun dan melompat ke dalam sebuah aturan baru, lebih masuk akal bila anda memulai dengan menenangkan diri anda. Nikmati minggu-minggu pertama dengan mengambil pekerjaan-pekerjaan mudah sekaligus mengisi batere anda agar siap dan layak menghadapi tatangan di depan.
Lakukan Sebuah Penelitian
Seharusnya anda telah mencari tahu informasit tentang perusahaan baru selama anda melakukan proses seleksi penerimaan. Tapi tidak ada ruginya bila anda terus mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan baru anda. Luangkahlah waktu untuk berbicara dengan karyawan lain dan terus mencari informasi dan data di internet yang bisa anda kumpulkan. Jika memungkinkan dan berani anda dapat menunjukkan dan mengenalkan diri anda di lingkungan kolega-kolega yang anda rasa menguntungkan ke depan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali mudah termakan oleh gosip internal politik kantor apalagi anda berusaha masuk di dalamnya karena ingin dengan dengan beberapa kolega. Hal ini malah tidak akan membuat anda refresh dan tenang setelah mendapatkan pekerjaan baru, namun akan membuat kesan dan perasaan buruk bagi pekerjaan anda ke depan.
Sukses Berpenampilan
Cara berpenampilan pada hari pertama di tempat baru akan menggambarkan tepat siapa diri anda, dan ini merupakan pendekatan singkat pengenalan yang dapat anda ambil. Jika tempat baru anda adalah sebuah lingkungan yang super profesional tentu mereka tidak menginginkan anda muncul dengan penampilan casual, dan ini jelas bagaimana sikap yang akan anda ambil. Coba berpikir sebuah penampilan yang pantas, menggunakan setelan polos namun memiliki kesan elegan, dan sebaiknya tidak perlu terpaku pada detil fashionnya. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika bisnis perusahaan baru anda memiliki kesan santai dan kasual maka anda sepenuhnya tidak membutuhkan pakaian hingga tiga lapis. Perhatikan betul koleksi pakaian kerja anda dan jika memungkinkan pergilah berbelanja beberapa perlengkapan pakaian yang baru. Berpenampilan yang baik tidak hanya akan membantu anda untuk memberikan kesan yang baik, tetapi juga akan sangat membantu anda untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Berpikirlah Secara Luas
Hal ini sangat penting dimana berbeda perusahaan cenderung memiliki perbedaan cara kerja. Mungkin anda telah memilih posisi sesuai keterampilan berdasarkan pengalaman kerja anda sebelumnya. Namun memilih sebuah perusahaan baru tentu akan menuntut anda memiliki cara berbeda dalam melakukan sebuah pekerjaan. Jangan hanya berpikir bahwa selama ini anda telah melakukan sebuah pekerjaan dan tugas yang pasti, bukan berarti anda telah memiliki pendekatan yang sama di tempat baru anda. Jadi kunci kesiapan dan menerima perubahan di lingkungan baru anda adalah tetap berpengang teguh pada jalan dan cara anda sendiri.
Menjadi Seorang Yang Mengawali
Hal yang cukup vital untuk menjadi seorang yang antusias dan penuh dengan energi ketika memulai sebuah pekerjaan baru. Pada awalnya mungkin anda memang hanya akan mendapat porsi kecil dalam menjalankan tugas, tapi ketika selesai janganlah takut untuk menanyakan kepada atasan anda adakah hal lain yang perlu anda bantu. Jika hal tersebut salah satu hal dimana berkesan bagi atasan, maka anda akan dinilai sebagai karyawan yang proaktif. Hal ini juga berlaku bagi rekan kerja anda, dimana akan menjadi sebuah loncatan tepat menjadi seseorang dalam sebuah tim yang membutuhkan bantuan dan pasti tim anda akan sangat mengapresiasi atas bantuan anda.
Dari semua hal di atas, penulis lebih mendorong kepada seluruh karyawan baru untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Ingatlah anda memutuskan untuk berpindah tempat kerja karena perusahaan anda yang sekarang memuji kemampuan dan kepribadian anda. Jadi percaya dirilah menuju karir yang lebih bersinar.
Written by James Caan
Translated and Edited by M. Fathurrohman