ALUMNI FISIPOL UGM
Terhubung dengan kami
Inspirasi Menuntut Ilmu dan Mandiri dari Ibu

Ditemui saat berlangsungnya reuni 30 tahun Jurusan Ilmu Administrasi Negara angkatan 1987, Arief Setyahadi, memberikan kesempatan kepada kami untuk sedikit banyak mengulas kariernya. Arief sendiri adalah salah satu alumni Fisipol UGM yang sukses berkecimpung di dunia marketing dan perbankan.

Menilik kegiatan semasa kuliah, Arief tergabung dalam klub basket fakultas maupun universitas. Kegiatan tersebut juga yang membuatnya aktif di Gelanggang Mahasiswa UGM. Arief yang terlihat energik dan ramah selama acara berlangsung, hingga saat ini masih menggeluti dunia marketing. Kariernya dimulai sejak ia masih duduk di bangku kuliah, dengan sering mengikuti riset yang dilakukan oleh perusahaan riset berskala internasional yaitu Nielsen. Kemudian setelah menyelesaikan studinya, Arief bergabung di Nielsen selama kurang lebih 1,5 tahun.

Selepas menimba pengalaman di Nielsen, Arief memulai karir di dunia perbankan. Berawal dari tiga tahun di Lippo Bank, kemudian berpindah ke Bank Danamon, hingga saat ini ia menjabat pada divisi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bank BJB pusat. Arief mengakui bahwa ia telah terbiasa dengan dunia marketing karena keluarganya juga bergelut di bidang yang sama. Menyelami dunia perbankan selama kurang lebih 23 tahun, memberikan banyak pembelajaran baginya. Arief mengakui bahwa hal yang terpenting dalam berkarier adalah ketelatenan. Khususnya di dunia perbankan, sikap target oriented dan customer based menjadi hal-hal pokok yang harus dikuasai.

Kegigihan Arief dalam berkarier, didasari juga oleh ibunya yang selalu memberikan motivasi. Ibu bagi Arief adalah inspirasinya. Ibunya jugalah yang selalu mengajarkan tentang kemandirian dan semangat untuk terus menimba ilmu. Mengakhiri perbincangan, kepada tim Warta Alumni, Arief berharap hubungan komunikasi dengan para alumni harus terus diperkuat meskipun alumni Fisipol UGM telah tersebar di dalam maupun di luar negeri. Ia juga merasa senang sekali berkunjung kembali ke Fisipol UGM, dengan berbagai perkembangan yang telah dilakukan. Baik itu dari segi akademis hingga infrastruktur, Arief berharap Fisipol UGM dapat semakin maju.