Terhubung dengan kami
Sandi Novriadi, Lulusan Fisipol dalam Menghadapi Dunia Kerja

Dear Fisipol UGM,

Hai, apakah makanan di kantin masih seenak dulu? Dan apakah masih susah untuk mendapatkan parkir disana? Susah mendapatkan parkir itu pertanda lahan di kampus kita luas sehingga mahasiswa dari jurusan lain berebut untuk menumpang parkir di kampus kita. Ah, belum lagi kabar kantin yang makin luas, yang membuat kampus kita semakin nyaman dan penuh. Ya, setiap waktu selalu ada perubahan dan juga perkembangan, hanya cerita dan kenangan yang selalu abadi dalam setiap detiknya yang disaksikan oleh kampus ini.

Menyambung mengenai setiap detik ada perubahan dan perkembangan, mungkin saya sedikit berbagi cerita saja bagaimana seharusnya kita (mahasiswa) sebagai bagian dari dunia untuk bisa siap menyambut perubahan khususnya dalam dunia kerja. Berbicara mengenai komunikasi dan informasi, teman-teman mungkin sudah sangat terbiasa untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk bersosialisasi pada akun sosial media kalian, dan boleh dikatakan kalian adalah generasi melek media.

Generasi melek media, point ini yang menurut saya yang harus kalian kuasai sebagai seorang fresh graduate atau ketika menjadi mahasiswa untuk menuju dunia kerja. Melalui akun sosial media, kalian mencoba mengarahkan orang untuk bebas perpendapat dan juga berargumen mengenai bagaimana keseharian kalian dan juga tipe kepribadian kalian. Namun, beberapa diantara teman ada yang berupaya menjadi dirinya sendiri dengan menampilkan kepribadian yang sama antara dunia sosial dan juga dunia nyata mereka, namun celakanya ada juga yang bias dengan menampilkan hal yang berbeda pada dunia nyata dan pada sosial medianya. Dan tentu saja hal ini akan membingungkan perusahaan dalam melihat pribadi kita.

Menyandang status sebagai fresh graduate tentu sebuah gerbang awal dalam hidup kalian terutama dalam pilihan untuk memilih tempat kerja dan bidang pekerjaan. Setelah memiliki bekal yang cukup dari ilmu melalui proses kuliah dan juga organisasi ditambah dengan beberapa pengalaman magang dan kerja, seharusnya kita sudah siap untuk menghadapi dunia kerja. Namun, semua itu tentu perlu kita komunikasikan kepada perusahaan, dan mengkomunikasikan hal tersebut juga dapat kita lakukan melalui akun sosial media.  Hal utama yang bisa kalian manfaatkan dari penggunaan sosial media adalah dengan menyusun strategi personal branding sesuai dengan apa yang akan kalian kemas dan arahkan.

Kita tentu berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidup, melalui personal branding, kita dapat berkomunikasi dengan dunia dan personal branding akan membantu perusahaan untuk menemukan potensi-potensi yang telah kita miliki dan persiapkan. Personal branding adalah nilai plus bagi perusahaan yang bisa kita tawarkan memalui akun sosial media kita, melalui personal branding kita dapat dengan mudah dibedakan dengan kandidat lainya. Dengan personal branding juga kita akan mengetahui arah dan juga memiliki karakter yang kuat sebagai seorang manusia.

 

Warm and Regards,

Sandi Novriadi

PR Consultant AsiaPR