Terhubung dengan kami
Wirastomo Hadi, Kontribusi Fisipol Untuk Perdamaian Dunia

Wirastomo Hadi

Creative Director | Arcade Jakarta | Ilmu Komunikasi 2000

 

Paling mendasar adalah adanya pemahaman bahwa “pemerintah dan media” menjadi faktor dominan dalam menentukan perdamaian dunia. Fisipol sebagai pabrik bagi kedua pihak ini, seharusnya aktif me-nurture bentukannya agar wacana media dan kebijakan pemerintah selalu berjalan ke arah yang kondusif.

Selanjutnya saya ingin mengingatkan soal bagaimana Universitas Harvard turut menentukan perekonomian dunia lewat Harvard Business Review (HBR). Belajar dari sini, bukan masalah buat Fisipol menentukan perdamaian dunia melalui terbitan yang mendukung terciptanya susana kondusif, baik di bidang pemerintahan, diplomasi internasional, atau pemberitaan.

Sebagai institusi, Fisipol harus bisa menjadi key opinion leader terhadap perdamaian dunia. Sejauh ini, dosen perorangan atau lembaga berisi kumpulan dosen yang aktif membentuk wacana publik. Akan berbeda hasilnya jika point of view konstruktif tersebut dilahirkan oleh Fisipol sebagai institusi, bukannya dosen/ lembaga independen.

Belajar dari HBR, setidaknya ada dua hal yang dibangun terbitan semacam ini; Fisipol secara aktif mempengaruhi perdamaian dunia serta dan bagaimana terbitan ini sendiri membangun kredibilitas Fisipol.

Sebagai penutup, yang paling penting bagi saya adalah content. Tidak masalah jika sumbangsih pemikiran ini dituangkan melalui berbagai existing medium.