Pengembangan karir

CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Gadjah Mada

 

Career Development Center (CDC) Fisipol UGM merupakan unit penunjang fakultas yang bertugas mengembangkan kapasitas mahasiswa Fisipol UGM, terutama terkait keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja. CDC memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengembangan diri, layanan konsultasi psikolog dan karir,  serta pendampingan magang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menunjang kegiatan perkuliahan maupun untuk persiapan dalam memasuki dunia kerja.

                Sebagai unit yang bertanggung jawab kepada Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, CDC memiliki tugas pokok berikut ini:

1.       Memfasilitasi sukses studi mahasiswa

2.       Membekali mahasiswa dengan keterampilan soft skill yang dibutuhkan selama studi dan pascalulus

3.       Memfasilitasi engagement mahasiswa dengan dunia kerja/praktisi/pendidikan lanjut

4.       Menyiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja

5.       Meyiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan sertifikasi nasional/internasional

Tugas-tugas pokok tersebut kemudian dimanifestikan ke dalam beberapa program kerja utama, yaitu:

1.       Layanan Konsultasi Psikolog dan Karir

Pendampingan konsultasi psikolog merupakan layanan bagi mahasiswa, alumni dan karyawan Fisipol UGM yang berupa bantuan penyelesaian masalah oleh konselor/psikolog.  Masalah yang dimaksud adalah masalah yang dapat mengganggu kegiatan akademis dan/atau kesehatan mental, misalnya adaptasi dengan lingkungan baru, kesulitan dalam belajar, masalah dalam hubungan dengan keluarga, teman, atau pasangan, perasaan sedih atau sendiri yang berlebihan, stres yang bersifat negatif serta depresi. Sementara itu, layanan konsultasi karir berupa bantuan perencanaan, pemilihan, persiapan, dan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan karier. Konselor/career coach membantu konseli untuk mengembangkan karier yang sesuai dengan tujuan, nilai dan minat konseli. Bantuan yang diberikan antara lain self-assessment, eksplorasi pilihan karier dan studi, perencanaan karier dan studi, diskusi untuk memilih karier dan studi yang sesuai, pengembangan soft-skills dan persiapan memasuki dunia kerja.

 

2.       Pendampingan Magang

Dalam rangka memperbaiki kualitas lulusan mahasiswa Fisipol agar lebih mempunyai arah minat karir yang jelas serta memudahkan mereka dalam mendapatkan jaringan pekerjaan, CDC Fisipol UGM mengemban tugas untuk mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan magang. Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan dua tujuan utama, yakni agar mahasiswa dapat melakukan kegiatan magang yang aman dan nyaman, dengan mengarahkan pada program penulisan skrispi karya dari kegiatan magang serta menjaga agar  mahasiswa melakukan magang yang substantif dan bermanfaat terhadap pengembangan karirnya. Beberapa kegiatan yang termasuk dalam program ini anta lain kelas pembekalan magang, pendampingan pembuatan learning plan, serta bantuan dan konsultasi dalam pencarian mitra magang.

 

3.       Program Pengembangan Diri

Untuk memastikan sukses studi mahasiswa serta mempersiapkan calon-calon lulusan Fisipol UGM yang terampil dan siap untuk berkompetisi di dunia kerja, CDC Fisipol UGM merancang beberapa program utama sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Program pengembangan diri ini diejawantahkan ke dalam tiga sub progam besar berikut ini:

a.       Soft Skill Mastering

Soft Skill Mastering merupakan salah satu bentuk program pengembangan diri yang memiliki fokus terhadap pengembangan soft skill yang perlu dimiliki oleh mahasiswa dan calon lulusan Fisipol UGM. Beberapa kegiatan yang termasuk ke dalam sub program ini di antaranya kelas bahasa asing, simulasi dan preparation class untuk IELTS, pelatihan desain grafis dan video editing serta public speaking.

b.       Academic Mastering

Sub program lainnya di dalam ranah program pengembangan diri ialah Academic Mastering yang memiliki tujuan utama untuk mengingkatkan keterampilan akademis mahasiswa sehingga dapat meminimalisasi kendala selama mengikuti proses perkuliahan di Fisipol UGM. Beberapa pelatihan yang termasuk di dalam Academic Mastering antara lain pelatihan Stata, Nvivo, serta systematic literature review.

c.       Fisipol Talk dan Public Lecture

Kegiatan Fisipol Talk dan Public Lecture merupakan wadah yang tepat bagi mahasiswa yang ingin menambah wawasan terkait tema-tema tertentu yang tengah hangat dan diangkat menjadi forum diskusi yang aktif. Dalam kegiatan ini pula mahasiswa berkesempatan untuk melakukan dialog dan diskusi dengan para penggiat atau ahli di bidangnya masing-masing